Selasa, 29 Desember 2009

DAMPAK HANDPHONE BAGI PELAJAR

ANITA
NIM: 0902817, 1B

PENDAHULUAN

Pada saat ini, banyak anak muda yang menggunakan barang elektronik yang sudah canggih. Salah satunya adalah HandPhone(HP). Sekarang HP sudah bukan menjadi barang yang terbilang mewah, karena hampir semua orang mempunyainya. Alat yang kita gunakan untuk berkomunikasi ini, sekarang semakin canggih saja fasilitasnya. Jangankan para orang dewasa, pelajarpun sekarang sudah diberi kepercayaan penuh untuk menggunakan HP oleh orang tuanya. Tapi tidakkah anda tahu bahwa anak muda sering menyalahgunakan, yaitu untuk melihat hal-hal yang semestinya tidak patut mereka lihat? Sekalipun belum ada pembuktian, maraknya peristiwa penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah didorong oleh penyalah gunaan tekologi seperti situs porno di HP. Perilaku pelajar dewasa ini semakin menjadi-jadi. Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone. Handphone juga digunakan untuk tukar-tukanran jawaban ujian. Maka dari itu dalam artikel ilmiah ini saya akan membahas tantang “Dampak HandPhone(HP)” tapi saya akan lebih menitikberatkan pada dampak negatifnya walaupun penulis tidak memungkiri terdapat pula dampak positif dalam bahasan ini.

PEMBAHASAN



Dampak Positif HandPhone(HP)



Mempermudah komunikasi

Untuk para pelajar yang jarak rumahnya jauh dengan sekolahnya HP sangat membantu sekaliuntuk mengabari keluarga. Peran ini memang vital terutama bagi siswa yang ada kendala transportasi.



Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi

Hal ini dimungkinkan dengan penemuan seri HP canggih generasi 3G yang memberikan kesempatan penggunanya untuk browsing internet lewat HP.



Memperluas jaringan persahabatan

Tidak dipungkiri memang dengan menggunakan HP pelajar jadi lebih memperluas pertemanan mereka, karena dengan menggunakan HP itu mempermudah untuk mendapatkan teman.



Dampak Negatif HandPhone(HP)



Mengganggu Perkembangan Anak
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone (HP) itu akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya.



Efek Radiasi

penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.



Rawan terhadap tindak kejahatan.

Pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat. Kita harus melihat kasus-kasus yang telah terjadi yang banyak disiarkan di TV atau media cetak.



Pemborosan

Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja. Apalagi dengan kondisi perekonomian orang tua yang serba minim, namun karena anaknya memaksa untuk bisa memiliki HP yasng bergonta-ganti type seiring semakin berkembangnya teknologi membuat para orang tua kewalahan menghadapi kondisi seperti ini. Belum lagi harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pulsa tiap bulannya. Sehingga para orang tua harus mengeluarkan anggaran exstra.



Menurunnya konsentrasi belajar

Perhatikan saja siswa yang banyak menggunakan HP dengan tujuan yang tidak jelas. Mereka akan lebih suka membicarakan isi SMS atau tipe HP yang tengah ngetrend daripada memperbincangkan pelajaran. Lebih parah lagi bagi sekolah yang kurang ketat dalam pengawasan penggunaan HP pada siswanya. Bisa-bisa saat pelajaran berlangsung para siswanya akan mencuri-curi waktu untuk melakukan SMS dengan temannya. Keadaan seperti itu dapat menurunkan mutu hasil belajar siswa.



Rendahnya mutu hasil belajar, dari beberapa ahli (Djemari Mardapi 1999: 11) mengatakan bahwa, dalam lima tahun terakhir hasil Ujian Nasional (UN) murni Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) menunjukkan angka naik turun dengan rata-rata Nilai Ujian Nasional (UN) murni bergerak antara 4,00-6,00.



Sementara (Achmad Lutfi, 2002: 35) mengatakan, rendahnya mutu hasil belajar disebabkan oleh keuletan siswa pada umumnya rendah. Pada proses pembelajaran, kebanyakan siswa kurang berani mengambil resiko, mereka sering mencontoh pekerjaan teman, kurang berani bertanya kepada guru, kurang berani mengemukakan pendapat dan terlihat cemas".



Menurut para ahli diatas berbeda, bagitu pula dengan penulis. Penulis merasa pelajar zaman sekarang lebih memilih memainkan HPnya setiap saat daripada harus membaca buku untuk mempersiapkan ulangan umum. Mungkin mereka lebih suka diberi hadiah HP oleh orang tua mereka dapada di hadiahi buku misalnya. Karena itu saya berfikir bahwa mutu pelajar semakin menurun.



Meningkatnya gambar porno dan kata-kata jorok melalui HP

Ini adalah akibat yang paling serius dari pemilikan HP yang tak memiliki tujuan yang jelas. Dengan keisengan khasnya, mereka menggunakan HP untuk saling bertukar gambar porno dan bercanda lewat sms dengan kata-kata yang menjurus porno pula. Bahkan yang paling mengerikan, mereka membuat gambar porno dengan model atau pemeran mereka sendiri seperti telah terjadi beberapa waktu lalu di salah satu SMA di Madiun, Jawa Timur.



Penyakit Akibat penggunaan HandPhone(HP)

Ternyata banyak penyakit yang tak terduga mengancam kesehatan kita. Beberapa lama ini dokter di Inggris dibingungkan dengan berbagai penderitaan di telinga dan pipi para penduduk, yang ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, dan merupakan tanda adanya alergi.

Setelah lama diteliti ternyata kemerahan dan radang alergi tersebut muncul karena alergi yang dipicu akibat penggunaan HP yang terlalu lama, demikian laporan dari Association of Dermatologists (Asosiasi Ahli Kulit). Kelompok tersebut menjuluki penyakit kulit yang gatal dan kemerahan akibat penggunaan HP tersebut sebagai “mobile phone dermatitis,” yang menyerang mereka akibat adanya reaksi alergi karena permukaan HP yang terbuat dari nikel.
“Ada baiknya para dokter mengingat kondisi aneh yang tidak bisa dijelaskan, apalagi jika mereka bertemu dengan pasien yang memliki gejala yang sama, yaitu kemerahan di pipi dan telinga,” demikian pernyataan dari Asosiasi ini. Menurut Asosiasi ini, banyak dokter yang belum tahu bahwa gejala ini timbul akibat dari penggunaan HP yang terlalu lama.


“Untuk penyakit “mobile phone dermatitis”, peradangan yang muncul akan terjadi di daerah pipi dan telinga, tergantung dimana daerah bagian logam dari HP bersentuhan dengan kulit kita,” demikian kata kelompok tadi. “Secara teori bahkan radang ini dapat terjadi di jari kita jika anda semakin lama bersentuhan dengan tombol menu dari logam.” Nikel adalah logam yang banyak ditemukan di berbagai produk dari HP, logam ini sangat sering menimbulkan radang pada kulit akibat kontak, demikian penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic di Amerika.


Larangan Membawa HandPhone(HP) di Sekolah





Penulis merasa bahwa pemakain HP bagi siswa di sekolah pada umumnya lebih banyak keburukannya dari pada manfaatnya. . Maka akan sangat tepat apabila sekolah mempertimbangkan untuk melarang membawa HP ke sekolah bagi siswanya. Penulis yakin akan muncul keraguan dari sekolah atas keputusan yang itu, namun dengan pertimbangan seberapa manfaat yang didapat dan keburukan yang akan diderita tentu pihak sekolah akan setuju dengan pendapat penulis. HP hanya boleh dibawa dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat studi lapangan.





Dengan begitu kita telah berusaha untuk mengurangi dampaknya. Dan ada hal yang sangat penting menurut penulis terkait dengan pemakaian HP bagi siswa, yakni :





Memberikan penjelasan secara komunikatif dan persuasif tentang manfaat dan kerugian HP bagi siswa. Penjelasan itu diberikan sejujur dan sejelas mungkin, sehingga siswa memiliki pemahaman yang cukup untuk menggunakan secara bertanggung jawab.





Pada setiap pertemuan dengan orang tua , terutama pada awal tahun pelajaran sekolah agar memberikan penerangan pada orang tua sejelas dan sejujur mungkin tentang manfaat dan kerugian HP bagi siswa di sekolah. Dan bagi sekolah yang melarang siswanya membawa HP agar sedini mungkin memberikan tata tertib ini pada siswa dan orang tua agar mengetahuinya.





Secara berkala sekolah melakukan operasi terhadap benda-benda terlarang yang mungkin dibawa siswanya termasuk : obat-obatan terlarang, cerita dan gambar porno, senjata tajam, dll. Dan apabila dalam operasi itu didapatkan hal-hal yang melanggar tata tertib, maka pihak orang tua harus diberi tahu, sehingga pendidikan tetap berjalan dalam koridor tanggung jawab bersama.


yang melanggar tata tertib, maka pihak orang tua harus diberi tahu, sehingga pendidikan tetap berjalan dalam koridor tanggung jawab bersama.





PENUTUP





Dari pengamatan penulis sebagai mahasiswa ternyata alas an Mereka memiki HP tidak dengan tujuan yang jelas kecuali untuk iseng dan mengejar gengsi. Tidak peduli dengan kondisi orang tua, mereka merasa belum afdhol kalau belum memiliki HP. Mereka lebih banyak menghabiskan pulsa untuk hal yang tidak jelas pula, entah hanya sekedar ber-sms atau bertukar lagu dan atau gambar. Dampak dari pemakaian HP dengan maksud tak jelas itu sangat merugikan bagi siswa maupun orang tuanya, juga bagi guru sangat merugikan dalam kegiatan belajar mengajar. Meskipun penulis tidak menafikan dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh oleh siswa dengan adanya HP seperti sudah dibahas di atas. Namun nampaknya keuntungan itu tidak sepadan dengan kerugian bagi pengguna dengan alasan-alasan tersebut.


Dan yang memprihatinkan biasanya orang tua tidak tahu aktifitas yang dilakukan anaknya lewat HPnya. Karena banyak orang tua yang gaptek atau gagap teknologi, maka dengan gampangnya mereka dikelabuhi anaknya. Dengan berpura-pura menjadi anak yang manis di rumah dan berada di kamar dengan buku digelar di meja belajar. Namun sesungguhnya ia mengembara di dunianya yang lain nan jauh.

Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

Semoga generasi muda kita menjadi generasi yang cerdas dan mampu menggunakan kecanggihan teknologi secara arif. Semoga!


REFERENSI


Purwanto, Yadi.2008.” Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Anak”.[online].Tersedia:www.ilmiah-tesis.com.[6 Mei 2008].


Artisita.2009.”Penyakit Akibat Pemakaian HandPhone”.[online].Tersedia:News.uns.ac.id.[4 Juli 2009].


Wahono, Joko.2008.“Dampak HandPhone Bagi Siswa”.[online].Tersedia:jokowahono.blogspot.com.[1 Februari 2008]


1 komentar:

  1. Saya kurang sependapat mengenai pengaruh negatif di dunia pendidikan. Kita sebagai pendidik harusnya memfasilitasi peserta didik dengan baik. Tidak hanya pembelajaran yang kontekstual tapi medianya juga harus kontektual.
    Bukan masalah dampak HPnya tapi harus dipandang secara luas yaitu TEKNOLOGInya...
    Teknologi berkembang secara masiv dan sebagai pendidik sebagai ujung tombak harus dapat menggiring cara belajar dan mengajar kita seiring perkembangan jaman...
    Faktanya penyebaran video porno sudah sangat lama terjadi, dan yg terjadi sekarang karena kurang peran orang tua dalam melakukan kontrol terhadap technologi behavior si anak...
    Masalah yg diusung sebenarnya sudah lama terjadi. Yg harus kita lakukan sebagai pendidik dan merupakan PR besar untuk kita adalah.... Bagaimana memanfaatkan HP untuk meningkat hasil belajar siswa?
    Jangan hanya tergantung bimbel online saja. Tapi bagaimana kita belajar membuat media belajar berbasis online, semakin banyak media belajar di dunia maya maka kita akan lebih mudah menyibukkan anak2 mengerjakan tugas atau belajar positif menggunakan teknologi

    BalasHapus